FAQ PENGAJAR GUIM 9

  • Apa itu GUIM?
    GUIM adalah singkatan dari Gerakan Universitas Indonesia Mengajar. Sebuah kepanitiaan yang ada di bawah Departemen Sosial Masyarakat BEM UI 2019. GUIM berfokus pada kegiatan mengajar anak-anak sekolah dasar di lokasi aksi selama kurang lebih 25 hari. Saat ini GUIM sudah memasuki tahun ke 9, dan lokasi aksi terpilih merupakan kabupaten Pesisir Barat, Lampung.
  • Apa bedanya GUIM dengan KKN?
    KKN merupakan program dari rektorat dan pesertanya bisa mendapatkan nilai, sedangkan GUIM merupakan inisiatif murni dari mahasiswa yang tujuannya mengabdi bagi pendidikan di daerah-daerah pelosok.
  • Apa saja rangkaian kegiatan GUIM
    Secara umum, rangkaian GUIM dibedakan menjadi 3 yaitu pra-aksi, aksi, dan pasca aksi. 
    – Pra-aksi: Terdiri dari kegiatan survei, seleksi pengajar, pelatihan panitia dan pengajar, pelantikan panitia dan pengajar, serta persiapan untuk kegiatan aksi.
    – Aksi: Pengajar dan panitia pergi ke lokasi aksi dan melakukan kegiatan GUIM di kabupaten Pesisir Barat, Lampung.
    – Pasca aksi: Monitoring dan evaluasi serta penulisan laporan rekomendasi.
  • Kapan kegiatan mengajar GUIM 9 berlangsung?
    Pada bulan Januari 2020.
  • Berapa lama kegiatan aksi?
    Kurang lebih 25 hari. Masing-masing pengajar akan tinggal di rumah masyarakat setempat (host family).
  • Apakah pengajar GUIM akan mengajar sendirian di dalam kelas pada saat aksi?
    Tidak. Pengajar GUIM akan mengajar bersama wali kelas di mana pengajar ditempatkan. Pengajar dan wali kelas akan melakukan team teaching (mengajar bersama-sama) ketika di kelas.
  • Apakah kegiatan GUIM dipungut biaya?
    Kegiatan GUIM tidak memungut biaya apapun. Baik untuk transportasi maupun akomodasi. Yang terpenting adalah pengajar siap mengabdikan dirinya untuk mengajar selama 25 hari di lokasi aksi nanti.
  • Apa saja tahap seleksi untuk menjadi pengajar GUIM?
    Terdapat 5 tahap seleksi pengajar GUIM 9
    – Tahap 1: Seleksi berkas data diri dan esai
    – Tahap 2: Group discussion
    – Tahap 3: Simulasi mengajar
    – Tahap 4: Wawancara
    – Tahap 5: Pelatihan
  • Bagaimana saya bisa mendaftar menjadi pengajar GUIM 9?
    Langkah awal kamu untuk mendaftar GUIM yaitu mengisi formulir pendaftaran pengajar dan mengunggah berkas yang dibutuhkan di sini
  • Berkas apa saja yang saya butuhkan untuk mendaftar pengajar GUIM 9?
    Untuk mendaftar sebagai pengajar GUIM 9 kamu perlu mengunggah berkas data diri dan esai studi kasus.
  • Dimana saya mendapat berkas data diri dan esai studi kasus?
    Setelah mengisi formulir pendaftaran, kamu akan mendapatkan berkas data diri dan esai studi kasus yang dikirimkan melalui email ed@uimengajar.org.
  • Mengapa terdapat tiga gelombang pada seleksi tahap 1?
    Gelombang menentukan tema esai yang harus calon pengajar kerjakan. Tiap gelombang memiliki tema tertentu. Calon pengajar harus mengirim esai dengan tema yang sedang berlaku pada tanggal submit berkas.
    – Gelombang 1: tanggal 11-15 September 2019 
    – Gelombang 2: tanggal 16-20 September 2019
    – Gelombang 3: tanggal 21-25 September 2019 
  • Berapa orang yang akan terpilih menjadi pengajar GUIM 9?
    36 orang. Nantinya para pengajar akan di sebar ke 6 titik yang ada di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung. 1 titik akan terdiri dari 6 pengajar untuk kelas 1-6 SD.
  • Apa saja kegiatan pengajar selama aksi?
    Pengajar tentunya mengajar bersama dengan guru kelas. Namun tidak hanya mengajar di kelas saja, pengajar juga akan melakukan kegiatan lain seperti home visit (kunjungan ke rumah murid) agar bisa mengenal lebih dekat murid yang diajar. Selain itu ada juga kegiatan lain yang dibuat oleh pengajar dan juga panitia GUIM 9 menyesuaikan keadaan di setiap titiknya.
  • Apa saja kegiatan selama pelatihan pengajar?
    Pengajar akan disiapkan untuk melaksanakan aksi. Akan ada pelatihan yang bertujuan melatih pengajar, pelatihan yang diberikan adalah pelatihan media belajar kreatif, manajemen kelas, metode belajar, perkembangan anak, pembuatan Rancangan Program Pembelajaran, dan sebagainya.
  • Bila terpilih menjadi pengajar GUIM 9, apa saja dan kapan saja kegiatan menuju aksi dilakukan?
    Setelah terpilih menjadi Pengajar GUIM, akan ada kegiatan untuk mempersiapkan aksi yaitu pembekalan pengajar, pelantikan pengajar, mentoring pengajar. Semua kegiatan ini akan dilaksanakan pada akhir pekan.
  • Apa yang diajarkan kepada anak-anak selama GUIM?
    Selama GUIM, Pengajar akan mengajar materi sekolah dasar sesuai dengan materi yang telah dicapai pada masing-masing kelas.
  • Siapa saja yang dilibatkan selama aksi GUIM?
    GUIM melibatkan seluruh pihak baik guru kelas selama melakukan team teaching di kelas, orangtua murid dengan kunjungan rumah, masyarakat sekitar, dan tentunya anak-anak murid yang diajar di kelas.
  • Selama aksi, bolehkah izin pulang ke rumah?
    Kegiatan GUIM merupakan kegiatan pengabdian dan ketika terpilih menjadi pengajar GUIM, seluruh pengajar telah bersedia untuk mengabdikan dirinya selama 25 hari di titik aksi. Maka dari itu, Pengajar tidak diperbolehkan pulang selama titik aksi karena tidak sesuai dengan nilai pengabdian GUIM.

Semoga sukses dan sampai bertemu di GUIM 9!

×
×

Cart